manjadi seorang yang bermanfaat adalah suatu kebanggaan

Segala puji kita aturkan kepada allah SWT yang telah memberikan nikmat yang tak terhinnga,dan sepantasnyalah kita bersyukur kepada allah SWT.sebab allah berfirman di dalam al qur’an:

لان شكرتم لازيدنكم ولان كفرتم ان عذاب لشديد

Jika kamu bersyukur maka akn ku tambah,jika kamu kufur atas nikmat ku maka rasakan azab yang sangat pedih.

Kemudian shalawat beriringan salam kepada nabi muhammad SAW,yang telah membimbing umatnya kepada jalan yang di redhai allah SWT.agar kelak kita akan mendapatkan syafa’at dari rasulullah SAW

Diantara kewajiban utama bagi manusia agar mendapatkan syafa’at di hari akhir adalah:

1.jangan berbuat bencana di muka bumi

            Sebagai seorang muslim,hendaknya berbuat baik sesama muslim dengan saling menjaga ukhwah sesama muslim,dan sesudh baik hubungan sesama manusia,maka menjalin hubungan dengan allah SWT.

Orang-orang yang berbuat bencana di muka bumi adalah orang-orang yang ingkar kepada allah SWT dan tidak ta’at atas ajaran-ajaran allah SWT.

Sebab allah SWT befirman:

لا تفسد في الارض

Artinya: janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi.

Dan terdapat juga dalamal qur’an surat al qasash ayat 77

ولا تبخ الفسا د في الارض ا ن الله لا يحب الفساد

Artinya:jangan lah berbuat bencana di muka bumi karena allah tidak suka kepada orang             yang memperbuat bencana.

Maka janganlah berbuat bencana ddi muka bumi dengan menurutkan hawa nafsu,sebab hawa nafsu tersebut akan membawa kita kepadakesesatan dan lupa akan allah SWT.

Jika seseorang lupa akan tuhannya,dan berbuat binasa di muka bumi,maka akan datang azab yang sangat pedih nantinya.

2.berbuat baik sesama manusia

Persatuan,kesatuan dan persaudaraan menjadi kewajiban bagi sesama manusia,dan jangan sampai terputus hubungan silaturahmi sesama muslim,sebagaiman telah dikatakan sebelumnya,seorang muslim itu harus menjaga ukhwahnya.

حبل من الناس و حبل من الله

Hubungan sesama manusia,dan hubungan dengan allah

Allah berfirman dalam surat al qasash ayat 77.

Yang artinya:dan carilah (pahala)negeri akhirat dengan apa yang telah di anugerahkan allah      kepada kamu,tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia,dan berbuat baiklah kepada manusia sebagaimana allah telah berbuat baik kepada engkau.dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi,sesungguhnya allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan

Jadi allah memerintahkan untuk membina,memelihara,serta mengamankan suatu masyarakat yang rukun dan damai serta adil dalam membina,memelihara kerukunan dan kedamaian.

Allah berfirman dalam surat al hujurat ayat 9

واقسطوا ان الله يحب المفسطين

Artinya:dan berlaku adillah kamu sehingga allah mengasihi orang orang yang adil.

3.jangan lupa bahagian kita di dunia

            Bahagian di dunia ini ialah maksudnya seperti keperluan jasmani,urusan masyarakat,desa,bangsa,dan sebagainya.sebab bahagian di dunia mengerjakannya hanya tata tertib yang telah diredhai oleh allah SWT.tata tertib yang diredhai allah adalah terdapat dalam surat an nahal ayat 125 yang artinya:

            Serulah manusia kepada agama tuhan engkau bantah mereka itu dengan jalan yang       lebih baik,sesungguhnya tuhan engkau lebih mengetahui akan orang yang sesat  di       jalan agamanya dan lebih mengetahui orang yang dapat petunjuk.(an nahal 125)

4.tuntut kampung akhirat

Hari akhirat adalah tibanya saat kehancuran seluruh alam semesta beserta seluruh makhluk yang ada didalam nya,di lanjukan dengan pembakitan manusia dan jin untuk menjalani perhitungan amal mereka,dan menerima balasannya dengan masuk ke surga atau neraka.

Allah berfirman dalam surat al hajj ayat 7 yang artinya:

            Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang,tak ada keraguan padanya,dan

            sesungguhnya allah membangkitkan semua orang di dalam kubur

umat muslim di minta pertanggung jawaban manusia untuk menuntut kampung akhirat,dan meyakini adanya kampung akhirat.selama hidup persiapkanlah perbekalan untuk akhirat,oleh sebab itu kita jangan sampai terbawa oleh dunia,kejar akhirat pasti dunia akan mengiringinya,dan kita jangan sampai berharap sebaliknya,hal seperti itu sama saja mustahil yang berakibatkan suatu kerugian besar kelak pada diri kita.

Dengan percaya adanya hari akhirat dan menjalani kewajiban kewajiban di dunia,maka kita akan mendapatkan syafa’at nantinya di akhirat.

Syafa’at adalah:meminta kebakan untuk orang ain dengan kata lain berpihak atau bergabung kepada orang lain sebagai penolongnya.

Syafa’at hanya bisa di berikan oleh seorang muslim dengan syarat:

1.orang mukmin telah mendapatkan izin dari allah SWT untuk memberikan syafa’at.

2.orng yang akan diberi syafa’at adalah orang yang di redhai oleh allah SWT karena                                                              termasuk orang mukmin yang patuh kepada allah SWT dan ta’at kepada allah SWT,mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangan nya.

Allah berfirman dalam surat al anbiya ayat 28

يعلم ما بين ايديهم وما خلفهم ولايشفعون الا لمن ارتضى وهم من خثيته مثفقون

Artinya:

Dan dia(allah)mengetahui segala sesuatu apa yang ada di belakang dan di depan,dan mereka tiada memberi syafa’at melainkan kepada orang yang di redhai allah SWT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: