manjadi seorang yang bermanfaat adalah suatu kebanggaan

ImageBerbicara tentang Dahlan Iskan, maka kita sedang membicarakan seorang tokoh multi background yang selalu menabur inspirasi di mana-pun dia berada. Saya sendiri baru banyak mengetahui sepak terjang beliau dua tahun belakangan. Terutama setelah salah seorang berulangkali mencantumkan nama pria ini sebagai bahan bincangan dalam kemampuannya menyulap suatu perusahaan separuh kolaps menjadi perusahaan dengan struktur organisasi kuat, operasional yang efisien, dan neraca keuangan yang membaik.

Salah satu catatan emas yang paling spektakuler adalah saat Dahlan Iskan dalam kurun 5 tahun mampu menyulap Jawa Pos yang saat itu nyaris mati dengan oplah harian yang hanya 6000 eksemplar, menjadi sebuah surat kabar gigantik dengan lonjakan oplah harian mencapai 300.000 eksemplar. Atau dalam kata lain, melonjak hingga 5000% dari saat pertamakali dia datang!

Kesuksesan Dahlan Iskan berlanjut saat dia berlabuh di tubuh PLN. Jika anda merasa bahwa frekuensi pemadaman listrik bergilir di Jakarta dan di banyak titik lain turun belakangan ini, pria inilah yang menjadi mastermind di balik itu semua. Maka tak heran, di akhir masa kepemimpinannya yang begitu singkat, kepergian Dahlan Iskan akibat ditunjuk sebagai menteri BUMN akhir tahun lalu, disambut oleh kesedihan yang mendalam oleh jajaran petinggi PLN. Bahkan salah satu harian terbesar di Indonesia mendaulat tokoh ini sebagai salah satu dari 25 tokoh yang menerima penghargaan “Inspiring Leader” akibat sepak terjangnya selama menangani PLN.

Mungkin sebagian dari anda akan mencela saya seorang fanatis buta yang memuja seorang tokoh bagai sedang menyembah Tuhan. Tapi coba pikir…siapa lagi yang bisa anda harapan dari barisan politisi gemuk berkeringat babi yang membusuk di senayan sana, yang saban hari bersilat lidah di corong media hanya demi membela partai dan koleganya sendiri? Dahlan Iskan berada pada strata yang berbeda dengan mereka. Saat anda menyaksikan di stasiun TV bagaimana Dahlan Iskan menjawab tudingan miring bedebah M. Nazaruddin dengan wajah tenang dan senyum begitu hangat, saat itu pula anda akan menyadari bahwa pria ini sedang berada di pihak yang benar. And he’s always be.

Akhir kata, saya hanya berharap agar pria ini selalu diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa agar tetap kuat menjalankan amanah yang dia pegang saat ini. Indonesia adalah negara aneh bin tolol yang seolah tidak pernah membiarkan manusia berhati mulia berotak cemerlang untuk dapat duduk tenang di tampuk pemerintahan tertinggi. Maka persiapkan hati kita untuk kemungkinan terburuk: jika Dahlan Iskan tidak lagi menjabat di pemerintahan pada 2014 nanti, semoga dalam sisa kurun waktu dua tahun  ini, dia dapat memberi negara ini subuah prototype tentang bagaimana seorang pemimpin negara seharusnya berperilaku. semoga dapat menjadi cetak biru yang mampu melahirkan ribuan Dahlan Iskan lain di negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: